Sabtu, 12 Januari 2013

Application Programing Interface


API (Application Programing Interface) Merupakan kumpulan dari fungsi fungsi atau perintah yang menggantikan bahasa yang digunakan yang diganti dengan bahasa yang lebih terstruktur dan mudah dimengerti.

API digunakan secara khusus dan dikembangkan sebagai perantara komunikasi antara komponen-komponen dari perangkat lunak.

Keuntungan menggunakan API adalah:
  • Portabilitas: Programmer yang menggunakan API dapat menjalankan programnya dalam sistem operasi mana saja asalkan sudah ter- install API tersebut. Sedangkan system call  berbeda antar sistem operasi, dengan catatan dalam implementasinya mungkin saja berbeda.      
  • Lebih Mudah Dimengerti: API menggunakan bahasa yang lebih terstruktur dan mudah dimengerti daripada bahasa system call. Hal ini sangat penting dalam hal editing dan pengembangan.


Cara menggunakan API cukup mudah, dengan aplikasi pihak ketiga, kita hanya mengimport package dan modul dari bahasa yang kita inginkan. Sebagai contoh dengan menggunakan Eclipse, kita dapat melakukan multi programming dengan satu aplikasi ini saja. Kita tinggal melakukan import package dari bahasa yang kita inginkan. Sebagai contoh kita dapat mengimport modul dari Java, C, XML, dan lain lain tergantung kebutuhan kita. Dengan Api ini juga kita dapat menyatukan beberapa bahasa sekaligus seperti dalam pembuatan aplikasi Android dengan Java dan Xml.

Dengan keuntungan ini, makakini  API lebih sering digunakan untuk melakukan programing dengan berbagai bahasa. Selain kompabilitas bahasa yang digunakan, tampilan dari API juga memudahkan dalam melakukan coding.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger