Selasa, 23 Oktober 2012

Global Positioning System


Setelah mendengar kata diatas pastilah kita mengetahui apa yang dimaksud dengan istilah tersebut. Global positioning system atau yang kita sering dengar dengan GPS memang sedang menjadi trend belakangan ini. Segala perangkat telekomunikasi, media sosial, sampai kendaraan ditanam GPS.

Sebenarnya apakah GPS itu? Global Positioning System merupakan teknologi yang memberikan informasi letak keberadaan kita di dunia berdasarkan transmisi satelit. Dengan GPS maka dapat diketahui posisi kita berdasarkan latitude koordinat kita berada, kemudian ditransmisikan dengan satelit, dan kemudian kita mendapatkan feedback berupa informasi tempat dimana kita berada.

Maraknya GPS sekarang ini sebenarnya sangat unik. Pertama kali GPS dikembangkan bukanlah untuk sekarang ini, pertama kali GPS dikembangkan oleh militer Amerika yang digunakan untuk kepentingan militer itu sendiri. Amerika meluncurkan satelit-satelit yang digunakan untuk mentransmisikan data yang memberikan informasi GPS itu sendiri, fungsinya bukan lain untuk menentukan arah serangan bom / rudal, dan menentukan letak mata mata militer amerika serta musuh.

Dengan kebutuhan yang semakin meningkat, dan pengembangan teknologi yang lebih canggih, maka GPS beralih fungsi dari sebagai alat militer, menjadi media entertain dan pengetahuan.

Kini GPS digunakan untuk menentukan posisi kita berada dalam peta dalam telefon genggam, selain itu GPS juga digunakan untuk menulis status media sosial dengan menambahkan lokasi kita berada.

Dalam otomotif, GPS membantu kita untuk sistem navigasi dalam mobil  untuk menunjukkan arah rute dalam peta, dan berguna untuk melacak mobil yang hilang.

Dalam bidang ilmu pengetahuanGPS digunakan untuk menentukan letak gempa yang terjadi. Dari contoh-contoh tadi kita bisa lihat sangat berrgunanya teknologi Global Positioning Sytem ini, dan tidak menutup kemungkinan, GPS dapat dikembangkan untuk aspek-aspek dalam kehidupan yang lain.

Dapat diambil kesimpulan GPS merupakan salah satu pengembangan teknologi yang sangat berguna dalam bidang, kemudahan mengakses GPS juga sangat baik dan mudah GPS ini karena semakin terjangkau harganya dan sudah tertanam di berbagai telepon seluler. Bila Anda belum pernah mencoba GPS, tertarik mencoba?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger