Selasa, 23 Oktober 2012

Perkembangan Telematika dalam E-news


Telematika, mendengar kata telematika pasti pikiran kita tertuju dengan hal yang berhubungan dengan teknologi informasi, tapi apakah sebenarnya telematika itu?

Telematika berasal dari bahasa Prancis, Telematique yang memiliki pengertian bertemunya sistem jaringan komunikasi dengan teknologi informasi. Dengan kata lain Telematika merupakan perpaduan dari konsep telekomunikasi dan informasi komputerisasi.

Perkembangan dari telematika sendiri memicu perkembangan teknologi telekomunikasi dan informatika menjadi saling erat kaitanya dan berhubungan langsung, sehingga kini kita dapat dengan mudah menjumpai unsur telematika dalam berbagai komponen teknologi informasi.

Sebagai contoh bahasan kali ini, saya akan mencoba mengupas perkembangan telematika pada media. Sebelumnya, media hanya berjalan sendiri tanpa berhubungan dengan teknologi informasi dan telekomunikasi. Media hanya sebatas tulisan tangan di koran, ataupun siaran radio yang membosankan. Setelah unsur telematika masuk, maka media menjadi sangat berkembang sampai sekarang ini. Dapat kita ambil contoh perkembangan media saat ini yang telah berpadu dengan telematika, portal berita di Internet yang sangat populer, berbagai siaran yang sangat menghibur di televisi merupakan beberapa contoh dari penggunaan telematika itu sendiri. Media yang telah bersingkronisasi dengan telematika kita kenal dengan sebutan Multimedia.

Contoh dari multimedia sendiri sangat banyak, yang sangat populer beberapa diantaranya adalah portal berita, akses web dari organisasi ternama, sampai e-learning dari banyak kampus di Indonesia dan mancanegara. Tidak dapat dihitung banyak lagi contoh yang bisa kita ambil.

Dengan perkembangan internet yang semakin luas pemakainya, dan semakin baik kualitasnya, maka berbagai aplikasi dari telematika berkembang sangat pesat juga. Semakin mudah kita dalam mendapatkan berbagai informasi yang kita butuhkan salah satunya, atau yang kita sebut dengan e-news.

Berbagai informasi dengan mudah kita serap dan dapat dari berbagai media di Internet maupun media lainnya. Dengan semakin berkembangnya teknologi informasi, e-news juga semakin berkembang. Dari bahasan kita diatas, e-news juga sama seperti media pada masa sebelum berkembangnya telematika, berita hanya dapat kita dapat seperti di koran, radio, maupun televisi. Namun semenjak berkembangnya telematika pada media atau yang kita kenal dengan multimedia, maka berita berita lebih mudah kita akses dari Internet. Dengan semakin praktis dan bervariasi, maka e-news pelan pelan menggeser media konvensional tersebut sehingga seperti sekarang ini.

Dari bahasan kita, dapat diambil kesimpulan bahwa telematika dalam media (e-news) sangat penting bagi masyarakat Indonesia. Semua informasi dalam berbagai bentuk dan macam dapat kita temukan di Internet, namun kita juga harus bisa memilah mana yang baik dan mana yang tidak baik yang mengakibatkan cyber-crime.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger