Rabu, 24 Oktober 2012

ERP pada Compiere


ERP atau Enterprise Resource Planning merupakan intregrasi bisnis dengan teknologi yang berupa program-program paket di dalamnya. Dengan ERP ini, suatu organisasi atau perusahaan dengan mudah menjalankan operasi sitem nya dengan aplikasi ERP ini.

Di masa sekarang ini yang persaingannya semakin berat, maka ERP ini sangat dibutuhkan dalam menjalankan roda operasi suatu perusahaan. ERP dalam suatu perusahaan menjadi mutlak sekarang ini untuk memudahkan sistem perencanaan.

ERP sebenarnya merupakan gabungan dari 3 buah komponen penting dalam bisnis, yaitu Management bisnis, IT, dan tujuan bisnis itu sendiri. Dengan ERP ini suatu perusahaan dibantu dalam singkronisasi dalam segala hal, produsi, distribusi, hingga sampai ke konsumen.

Pada kali ini saya akan membahas tentang salah satu software ERP yang mungkin sering kita dengar atau dipakai karena memang software ini banyak pemakainya, Compiere.

Compiere adalah salah satu contoh software dari ERP yang terintegrasi dengan berbagai aspek dalam bisnis. Compiere adalah aplikasi yang digunakan oleh perusahaan manufaktur maupun jasa untuk mengatur ERP (Enterprise Resource Planning) yang berhubungan dengan bisnis. Yang termasuk dalam ERP adalah produksi, operasi, serta distribusi dari perusahaan bersangkutan dengan CRM (Costumer Relation Management) yaitu costumer tujuan barang/jasa.

ERP dalam Compiere ERP sendiri membawahi empat hal, yaitu costumer, gudang,karyawan, dan vendor. Gambar berikut memperlihatkan struktur ERP dalam suatu perusahaan



Compiere memiliki banyak menu yang berisikan tentang elemen-elemen dalam ERP dan CRM yang sanagt berguna dalam membantu melakukan penjualan/pembelian barang atau jasa. Menu-menu yang ada dapat kita lihat pada gambar berikut ini



Dari banayknya menu diatas, kita akan membahas empat elemen penting yaitu
1)      Business Partner
2)      Product
3)      Sales Order
4)      Shipping

Penjelasan elemen-elemen
Business Partner, merupakan form yang berisikan data lengkap dari rekan bisnis yang ingin membeli produk/ jasa yang ditawarkan. Kita dapat membuka form ini dengan meng-klik menu Partner Relationship, kemudian pilih Business Partner.



Product, merupakan form yang berisi atribut-atribut tentang barang/ jasa yang ditawarkan. Meliputi nama barang, banyaknya barang, dan lain-lain. Untuk mengakses form ini, pilih menu Material Management, kemudian pilih Production.



Sales Order, yaitu form yang digunakan untuk melakukan permintaan pembelian barang/jasa. Dalam form ini berisikan nama tujuan, banyaknya barang, lokasi, serta detail-detail pembayaran yang digunakan. Untuk mengakses form ini, pilih menu Order Management, kemudian pilih Sales Order.



Shipment, yaitu form yang berisi data pengiriman kepada costumer. Dalam form ini berisikan nomer order, tanggal barang dikirim dan sampai, hingga konfirmasi barang telah sampai. Untuk mengakses for ini, pilih menu Order Management, kemudian pilih Shipment.



Winando Puspoatmojo
4KA15
12109363

note: boleh copas tapi sertakan link ya..



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger