Sabtu, 10 Maret 2012

Kenaikan BBM bagi mahasiswa


Dalam waktu dekat ini, wacana kenaikan harga BBM akan terealisasikan. Bagi kita rakyat kecil, bahkan mahasiswa, pasti akan merasa kecewa dengan kebijakan ini. Bila dianalisa lebih jauh, kenaikan harga BBM ini akan mempengaruhi lonjakan kenaikan berbagai harga barang-barang lain karena naiknya tarif distribusi. Bisa dibayangkan para mahasiswa, tidak hanya harus menambah pengeluaran BBM premium-nya, namun juga harus menambah pengeluaran mereka untuk jajan setiap harinya yang juga akan mengalami kenaikan harga.
Sebenarnya, kenaikan harga BBM ini adalah wajar, mengingat selama beberapa periode harga BBM stabil, malahan tidak pernah naik, dan harga BBM tersebut juga merupakan subsidi dari anggaran anggaran lain yang dialokasikan bagi kita rakyat kecil. Namun, yang terjadi di lapangan, tidak hanya rakyat kecil yang mendapatkan BBM bersubsidi ini, namun “orang berada” juga ikut menikmatinya, jadi subsidi dalam bentuk BBM saya rasa kurang efisien dan tidak tepat sasaran.
Pemerintah perlu melakukan kenaikan BBM dengan catatan pengembalian harga BBM ke harga normal sebelum subsidi, dan pemerintah harus mampu menjaga stabilitas pasar untuk barang-barang kebutuhan pokok dan rumah tangga sehingga tidak terjadi kenaikan harga barang besar-besaran di semua aspek. Jangan juga lupakan subsidi bagi rakyat kecil dan yang cenderung kurang mampu. Subsidi harus terus diterapkan, tetapi dalam pertimbangan efisiensi dan tepat sasaran agar kelak dikemudian hari tidak terjadi kasus seperti yang terjadi pada subsidi BBM ini.
Sebagai warga negara, saya mendukung kebijakan pemerintah demi kemajuan Bangsa Indonesia. Oleh karena itu pemerintah haruslah berfikir matang untuk melakukan suatu kebijakan dan bersifat transparan agar semua masyarakat Indonesia tahu dan mengerti kebijakan yang dibuat, seperti kenaikan BBM ini. Dan untuk kenaikan BBM ini marilah kita sikapi dengan dewasa, marilah kita lebih pintar mengatur pengeluaran kita sendiri. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger