Senin, 19 Maret 2012

Peranan Sistem Informasi dalam Pembangunan Bangsa Indonesia


Di era modern ini, semakin hari teknologi semakin berkembang, dan selalu berkembang. Hal ini menimbulkan persaingan dalam dunia pekerjaan menjadi lebih berat, bukan karena kita bersaing dengan manusia pada umumnya saja, namun sekarang kita harus bersaing dengan alat-alat yang selalu berkembang dengan seiringnya teknologi.

Dengan peralatan canggih, kita bisa memproduksi barang dengan jumlah yang banyak, dan dengan bahan yang efisien. Hal ini mengakibatkan tenaga kerja manusia yang “biasa-biasa saja ” semakin tidak diperlukan. Tentunya hal ini mengakibatkan banyaknya pengangguran di Indonesia, namun di sisi lain, hal ini juga mementuk kualitas yang baik pada persaingan tenaga kerja Indonesia, Tenaga kerja yang memiliki skill diatas rata-rata dan memenuhi kualitaslah yang dipilih dalam menjalankan alat-alat canggih yang sekarang kita gunakan dalam berbagai produksi.

Tenaga kerja handal tersebut contohnya adalah dari Sistem Informasi. Jurusan Sistem Informasi yang mempelajari tentang bagaimana sistem dan alur dari suatu organisasi, perusahaan, bahkan keuangan. Selain itu, lulusan sistem Informasi memiliki kelebihan dalam bidang komputerisasi terutama dalam bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman inilah yang akan terus dikembangkan untuk mengembangkan peralatan-peralatan teknologi canggih yang akan terus membantu produksi manusia.

Kita sudah melihat bagaimana lulusan sistem Informasi sangat membantu dalam perkembangan dan pembangunan bangsa Indonesia dari para manager, sistem analis yang me-manage sistem dan sumber daya tenaga kerja lainnya, programmer yang selalu membuat hardware produksi yang semakin canggih dan efektif, sampai bidang akuntansi keuangan dalam bidang acounting. Semua aspek dalam pembangunan bangsa Indonesia sangat bergantung pada Sistem Informasi, jadi bagi kita yang mendalami jurusan Sistem Informasi pada perguruan tinggi, mari kita tingkatkan kualitas kita dalam membangun Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger