Sabtu, 10 Maret 2012

Topik PI

Bagi mahasiswa jenjang S1 di luar Universitas Gunadarma, mungkin semester enam sama seperti semester-semester terdahulu, tidak ada yang spesial. Namun, bagi Mahasiswa Gunadarma, semester enam merupakan semester yang unik, berbeda, dan sibuk tentunya.
Ya, semester enam bagi mahasiswa jenjang S1 di Gunadarma memiliki kewajiban dalam membuat Penulisan Ilmiah (PI) yang kita kenal pada jenjang D3. Bagi segelintir mahasiswa mungkin merasa bingung dan berat mengapa hal ini harus menjadi kewajiban mereka yang notabenya bukan untuk jenjang S1, namun bila kita menyadarinya, PI ini merupakan langkah awal bagi kita untuk mulai ke jenjang yang lebih tinggi ntah itu pembuatan skripsi pada tahun berikutnya, ataupun agar kita semakin siap dalam dunia pekerjaan yang semakin berat persaingannya.
Mahasiswa Gunadarma menjadi sangat sibuk semester ini, harus kuliah, praktikum, dan membagi kegiatan lainnya, namun juga harus memikirkan PI mereka, termasuk saya. Saya lebih rajin untuk mencari bahan untuk pembuatan PI. Dari browsing, mengunjungi perpustakaan dan toko buku untuk mencari refrensi.
Untuk topik PI saya, saya tertarik dengan sistem operasi smartphone berbasis Android. Dengan basic sebagai mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer jurusan Sistem Informasi yang menguasai bahasa pemrograman Java, saya ingin membuat aplikasi berbasis Android.
Aplikasi yang ingin saya buat adalah aplikasi SMS pada Android yang memungkinkan kita dalam mengirim pesan sesuai dengan waktu yang kita inginkan, jumlah SMS yang ingin dikirim, dan multiple contact tujuan. Sebagai contoh masalah, kita menginginkan mengirim SMS kepada teman yang berulang tahun dan kita menginginkan mengirim SMS tepat pada pukul 00.01, namun Anda terlalu lelah dan mengantuk sehingga tidak bisa mengirimkannya.
Dengan aplikasi SMS yang saya buat, kita tidak perlu menunggu sampai pukul 00.01 untuk mengirimkan SMS karena kita bisa mengatur waktu pengiriman SMS tersebut. Begitu juga misal bila kita ingin mengirim satu SMS ke banyak orang, kita bisa dengan mudak menambah kontak daftar nomor tanpa harus menuliskan SMS baru.
Kurang lebih demikianlah topik saya dalam pembuatan PI semester enam ini. Mungkin bagi yang belum menemukan judul PI, semoga mendapatka inspirasi dari tulisan saya ini. Pesan saya tetap semangat dalam mencapai suatu hal, jangan pernah menyerah dan teruslah berkreasi. Semoga berhasil teman-teman 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger