Sabtu, 07 April 2012

Pembangunan Infrastruktur di Indonesia


Suatu negara dapat dikatakan maju dari banyak aspek. Dari segi perekonomian, politik, olahraga, sumber daya, dan infrastruktur negara tersebut. Kini yang akan saya bahas adalah mengenai infrastruktur di Indonesia. Infrastruktur merupakan salah satu aspek penting dalam suatu negara, infrastruktur berfungsi sebagai media bagi masyarakat dalam menjalakan roda perekonomian setiap harinya. Sebenarnya apa sih infrastruktur itu? Menurut saya, Infrastruktur adalah sarana yang diberikan negara sebagai penunjang bagi masyarakat yang ada dalam negara tersebut. Tanpa sarana-sarana tersebut, maka masyarakat akan lebih sulit mendapatkan kemudahan dalam menjalankan aktifitas.

Contoh dari infrastruktur dapat kita jumpai setiap harinya, mulai dari jalan tol, hingga akses internet yang diprasaranai oleh provider-provider yang sudah tidak asing namanya ditelinga kita. Yang terbaru adalah jembata Suramadu yang menjadi penghubung antara Surabaya dan Madura yang dibangun dengan biaya yang tidak sedikit. Namun banyak juga infrastruktur yang sebenarnya tidak diperlukan, semisalnya isu pembangunan gedung MPR yang baru, sampai pembenahan kamar mandi yang sangat menghabiskan dana rakyat. Beginilah yang terjadi di Indonesia, pemerintah tidak berfikir matang dalam membuat suatu langkah dalam pembangunan suatu infrastruktur. Masih banyak infrastruktur dan pembenahan yang sia-sia yang hanya menghabiskan uang rakyat.

Selain itu, dalam hal pemeliharaan sangat kurang. Kita lihat bagaimana jembatan yang sangat vital yang belum lama dibuat, jembatan Suramadu, mur-murnya sudah banyak yang hilang karena ulah segelintir oknum yang ingin mencari keuntungan. Dapat dilihat jelas masyarakat Indonesia tidak bisa menjaga dan melestarikan suatu infrastruktur. Sama halnya dengan masalah pembuangan atau saluran air. Kini orang-orang hanya memikirkan membuat bangunan yang menguntungkan, namun tidak memperhatikan aspek tersebut. Dampaknya, setiap hujan mulai mengguyur, maka dipastikan jalanan akan terendam banjir.

Beginilah yang terjadi di Indonesia, Infrastruktur yang dibangun oleh pemerintah belum terlalu maksimal dan tepat sasaran, dan masyarakat Indonesia tidak dapat menjaga infrastruktur yang telah dibuat pemerintah. Seharusnya kita memiliki kesadaran bahwa infrastruktur yang ada, merupakan tanggung jawab kita bersama untuk menjaganya, karena infrastruktur inilah yang kita gunakan setiap hari, untuk mencari sesuap nasi, untuk segalanya yang kita lakukan di tanah air tercinta ini. Maka marilah kita jaga apa yang sudah pemerintah berikan untuk kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger