Kamis, 05 April 2012

Dominasi Perusahaan Asing di Indonesia dan Dampaknya



Dalam perkembangan ekonomi bangsa Indonesia, bangsa Indonesia merupakan salah satu negara yang berkembang pesat. Perbaikan infrastruktur hingga sistem terus dibenahi sehingga pertumbuhan ekonomi bertumbuh pesat dan terus berkembang. Namun, mengapa masih terjadi kenaikan harga kebutuhan pokok? Mengapa pemerintah harus menaikkan BBM yang meskipun akhirnya tertunda? Dan mengapa harga harga barang-barang di Indonesia cenderung tinggi atau mahal?

Ditelaah lebih lanjut, ternyata ini merupakan kesalahan pemerintah. Ya, pemerintah terlalu “lembek” dalam membuat suatu keputusan dalam menjalin kerja sama, contohnya dengan perusahaan asing. Kita semua tahu bahwa perusahaan asing di Indonesia sangat banyak jumlahnya, malah lebih banyak dari perusahaan lokal, mereka memiliki sumber daya yang tidak terbatas, sehingga dapat melakukan apapun untuk perkembangan perusahaan tersebut. Teknologi tang modern dan canggih di peralatannya, mengontrak sumber daya dengan gaji besar, dan pembelian bahan baku dengan jumlah besar. Siapapun pasti tergiur untuk bekerja di perusahaan Asing.

Perusahaan asing mampu membentuk dan membangun pertumbuhan ekonomi yang pesat. Dengan kelebihan-kelebihan perusahaan-perusahaan asing yang tadi saya paparkan, roda perekonomian sangat bergantung dari adanya perusahaan asing ini. Namun, mengapa masih terlontar pertanyaan-pertanyaan seperti di awal?harga yang relatif mahal?dan kenaikan harga masih sering kita jumpai?

Pemerintah terlalu longgar dalam membuat keputusan kerja sama, yang terbaru contohnya ada di Papua,Irian. Salah satu perusahaan asing yang bergerak dalam pertambangan minyak bumi seperti memonopoli minyak bumi Indonesia. Indonesia tidak mendapatkan keuntungan yang besar dari pengeboran tersebut, malah negara asal perusahaan asing tersebut yang mendapatkan keuntungan dan presentase minyak bumi yang lebih besar dari Indonesia, lebih dari 60% malah. Inilah yang terjadi, pemerintah terlalu lembek, terlalu mudah memberikan pihak asing kebebasan sehingga bangsa Indonesia harus melakukan import yang sangat besar. Bagaimana kita harus membeli minyak bumi jadi dari negara-negara lain, bagaimana kita membeli teknologi dari negara-negara lain, padahal kitalah penyedia bahan mentah tersebut.

Inilah yang menjadikan harga barang-barang kebutuhan di Indonesia sangat tinggi. Pemerintah suda saatnya melakukan pembenahan terhadap dominasi perusahaan asing di Indonesia, harus dilakukan lobi-lobi semaksimal mungkin, agar entah bangsa Indonesia maupun perusahaan asing, mendapatkan keuntungan yang tepat dan efisien. Ingat kita tuan rumah, jangan sampai kita merasa sebagai tamu di rumah sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger